Apel Gelar Pasukan Persiapan Hadapi Pilkada Serentak 2020

318

MARTAPURA,- Dalam rangka kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banjar digelar Apel Pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dihalaman Kantor Setda Kabupaten Banjar, Kamis (24/09) pagi.

Kasatpol PP H.M.Ali Hanafiah Selaku inspektur apel dalam amanatnya mengatakan, bahwa apel gelar pasukan ini merupakan komitmen kesiapsediaan baik lahir maupun batin untuk mendukung penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah sesuai tugas dan fungsinya.

“Tugas dan fungsi Satpol PP, Satuan Damkar dan Satuan Linmas dalam rangka mendukung Pilkada adalah tugas Satpol PP untuk menyelenggarakan ketentraman, ketertiban umum serta penegakan Perda, kemudian Pemadam Kebakaran menjalankan fungsinya untuk pemadaman kebakaran dan penyelamatan” katanya.

Ditambahkannya, ‘adapun tugas Satuan Linmas berperan sangat penting digaris depan pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah baik di tingkat Kecamatan maupun Desa sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), setiap TPS minimal ditempatkan 2 orang anggota Linmas.

Selain itu, kepada Satpol PP, Satuan Damkar dan Satuan Linmas untuk menjaga netralitas dan independen, tidak boleh berpihak kepada siapapun dan tidak boleh terlibat langsung dalam kampanye Pemilihan Kepala Daerah.

“Dalam kondisi pandemi sekarang ini kita harus menjaga Protokol Kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada, terutama Anggota Linmas yang akan bertugas di TPS-TPS harus menjaga Protokol Kesehatan yaitu menggunakan masker dan mengatur jaga jarak pengguna hak pilih nanti” pungkasnya.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar