Bawahi Tiga Wilayah Wajib Pajak, KPP Pratama Banjarbaru Berikan Layanan Terbaik

916

MARTAPURA,- Mengusung tema “Kupas Tuntas Pelayanan Prima KPP Pratama Banjarbaru” menghadirkan narasumber R. Syachbandi Arief Al Amri Kepala Seksi Pengawasan VI KPP Pratama Banjarbaru dan Singgih Putro Prasetyo Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Banjarbaru di talkshow Radio Suara Banjar, Selasa (31/08) pagi.

Menurut Kepala Seksi Pengawasan VI KPP Pratama Banjarbaru R Syachbandi Al Arief, tugas utama KPP Pratama Banjarbaru adalah menghimpun penerimaan pajak bagi negara untuk membangun ekonomi di Indonesia. Untuk melakukan tugas itu, pihaknya memiliki beberapa fungsi untuk tercapainya tugas utama tersebut.

“Untuk pengawasan kepada wajib pajak saat ini sudah berjalan dengan baik, KPP Pratama yang membawahi wilayah Kota  Banjarbaru, Kota Martapura dan Kota Pelaihari  juga memantau tingkat kepatuhan wajib pajak dalam pelaporan dan kewajiban pajaknya, namun diakui masih ditemui beberapa wajib pajak,yang sedkit “nakal” dalam melaporkan pajaknya, dalam hal ini bila dirasa perlu kami juga memberikan tindakan kepada wajib pajak tersebut sebagai menjalankan fungsi tugas pengawasan,” jelas Arief.

Arief menambahkan, dalam masa Pendemi Covid -19 tentu juga memberikan dampak bagi perekonomian di Indonesia baik sektor usaha formal maupun informal bahkan juga ada beberapa yang gulung tikar, dalam hal ini pemerintah memberikan kebijakan di sektor perpajakan antara lain, pemberian insentif bagi pekerja yang terdampak langsung oleh Pandemi malalui pasilitas DTP PPh 21, penurunan tarif PPh Badan, Pembebasan PPh 22 Impor serta memberikan kemudahan kepada sektor UMKM yang menjadi salah satu pihak yang paling terdampak.

Ditanya bentuk pelayanan yang diberikan KPP Pratama Banjarbaru, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Banjarbaru Singgih Putro Prasetyo menjelaskan untuk pelayanan pihaknya menyediakan pengambilan antrian secara online melalui alamat kunjug.pajak.go.id

“Layanan online yang diberikan oleh KPP Pratama Banjarbaru ada beberapa macam yakni melalui WhatsApp, telepon, email dan media sosial. Sekarang ini KPP Pratama Banjarbaru memiliki 10 saluran online dan KP2KP Martapura memiliki 4 saluran dan KP2KP Pelaihari memiliki 2 saluran online yang bisa diakses selama jam kerja.

Dijelaskan oleh Arief dan Singgih dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, pihaknya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan palayanan terbaik, dari pihak atasan selalu menekankan bahwa integritas, profesionalisme dan pelayanan yang baik menjadi tugas yang penting selain menghimpun penerimaan pajak, pihaknya juga beberapa kali melakukan IHT/ sosialisasi kepada pegawai tentang budaya pelayanan prima. Selain itu selalu mengevaluasi kritik dan saran yang disampaikan wajib pajak, dari hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai bahan perbaikam pelayanan agar pengguna layanan merasa nyaman dan puas dengan layanan KPP Pratama.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar