Bupati Banjar Panen Sayuran, Enam KWT dan Satu Poktan Dapatkan Bantuan

77

SIMPANG EMPAT,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Camat Simpang Empat dan sejumlah kepala SKPD lakukan panen sayuran sekaligus menyemai benih sayuran saat kegiatan syukuran panen di lahan demplot kegiatan P2L Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Kaliputat, di Desa Batu Balian Kecamatan Simpang Empat, Senin (26/2/2024) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilaksanakan oleh masyarakat secara berkelompok perlu mendapat dukungan karena mengusahakan pemanfaatan lahan pekarangan secara produktif sebagai sumber pangan secara berkelanjutan dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat.

Dirinya mengapresiasi KWT yang ada di Kabupaten Banjar yang memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran lokal.


“KWT dapat berkomitmen bersama dan harus kompak  untuk menjaga lahan dan bercocok tanam dengan baik,” harapnya.

Sementara Ketua KWT Berkah Kaliputat Yuli mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu program P2L untuk memenuhi gizi keluarga. Menurutnya, P2L sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena bisa memenuhi gizi keluarga untuk mengatasi permasalahan stunting.


Ia berharap program P2L dapat dikembangkan dan berkelanjutan serta dapat menjadi agrowisata edukasi.

“Karena KWT Berkah Kaliputat tidak hanya menanam sayuran tapi juga usaha peternakan dan perikanan,” tutupnya.


Di tempat yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan benih sayuran untuk KWT Berkah Kaliputat dan penyerahan secara simbolis bantuan kegiatan P2L tahun 2024. Masing-masing sebesar 50 juta rupiah oleh Bupati Banjar didampingi Ketua TP PKK dan Plt Kepala Dinas Pertanian Banjar Nashrullah Shadiq kepada 6 KWT dan 1 Kelompok tani (Poktan). KWT dan Poktan tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Mataraman, Karang Intan, Astambul dan Martapura.

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra