Dispersip Banjar Hadir Dengan Dua Inovasi 

55

MARTAPURA,- Apel kerja gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar digelar dengan petugas apel dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, di halaman Kantor Bupati Banjar Martapura, Senin (28/8/2023) pagi.

 

Bertindak selaku pembina apel H Tofik Norman Hidayat dalam amanatnya mengatakan, Dispersip merupakan perangkat daerah di Kabupaten Banjar yang mengampu dua urusan yaitu urusan Perpustakaan dan Kearsipan, yang berarti memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan pada dua urusan tersebut.

“Ruang lingkup pengelolaan perpustakaan yang dilakukan meliputi perpustakaan umum, termasuk perpustakaan daerah, sekolah, khusus dan perpustakaan perguruan tinggi, pengelolaan yang dilakukan berupa pembinaan, sosialisasi serta pelatihan tenaga perpustakaan. Kegiatan perpustakaan juga melibatkan masyarakat di dalamnya yang sekarang lagi digalakkan oleh Pemerintah Pusat yaitu perpustakaan berbasis inklusi sosial,” jelasnya.

 

Tofik juga menyampaikan terkait Inovasi Despersip yaitu I-Martapura yang digagas oleh kepala dinas terdahulu masih terus berkembang dan masyarakat mulai mengakses aplikasi tersebut dengan baik.

“Yang kedua terkait inovasi Sakti Manis, ini merupakan inovasi yang menjadikan kartu anggota Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Banjar terintegrasi dengan Perpusnas RI, jadi otomatis jika Bapak/Ibu menjadi anggota perpustakaan daerah maka akan dapat mengakses fasilitas yang disediakan Perpusnas,” tambahnya.

 

Dalam kesempatan tersebut diserahkan piala Turnamen Sepakbola U-12 Piala Bupati Banjar dalam rangka memperingati HUT ke 78 RI dan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar bersama APKS PGRI Gelora Banjar Tahun 2023 oleh Sekda Banjar HM Hilman didamping Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri.

 

 

Reporter : Rif’ah

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra