Dukung Kemenkominfo, BPSDMP Banjarmasin Gelar Bimtek Untuk Cetak Talenta Muda

83

KERTAK HANYAR,- Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan SDM dan talenta digital di bidang Komunikasi dan Informatika serta mempersiapkan SDM yang unggul dalam mendukung visi misi Indonesia Digital 2024, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) menggelar Vocational Scholl Graduate Academy (VSGA) di Hotel Eva, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kamis (18/05/2023) pagi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith yang membuka kegiatan mengucapkan terimakasih kepada BPSDMP Banjarmasin yang telah memberikan kesempatan kepada warga Kabupaten Banjar mengikuti pelatihan.

” Kesempatan pelatihan ini sangat luar biasa karena biasanya hanya ada di Jogjakarta, sangat bagus untuk mengembangkan diri dan merupakan bentuk nyata dari pengembangan SDM di Kabupaten Banjar. Dengan dikembangkannya talenta para peserta maka otomatis akan dapat menciptakan lapangan kerja,” ujar Basith dihadapan 90 peserta kegiatan.

Dirinya mengingatkan sekarang bukan zamannya mengejar pekerjaan di tempat lain, akan tetapi bisa  menciptakan lapangan kerja sendiri. Basith juga berharap dengan keilmuan dari bimtek ini, nantinya bisa langsung diaplikasikan di lapangan.

” Kami juga mempunyai televisi dan radio, siapa tahu setelah bimtek ini ada yang mau bergabung, misal akan memberikan masukan atau berita-berita yang nantinya akan kami ekspos di media yang kami punya, kemudian dari informasi bimtek ini juga mempunyai cakupan luas dan banyak kelimuan yang diberikan merupakan hal yang sangat positif, kita tahu bersama sekarang banyak youtuber yang kaya menjadi milyarder, kenapa ini tidak kita coba dan manfaatkan,” tutup Basith.

Materi pelatihan ini sendiri meliputi skema penulis naskah program siaran televisi, video editor dan junior graphic designer. Laporan panitia pelaksana Firda Zulivia Abraham mengatakan, VSGA merupakan program dari Kementerian Kominfo bertujuan untuk mencetak talenta muda, dan tahun 2023 dikembangkan untuk semua kelulusan setelah sebelumnya untuk kelulusan tertentu saja.

“Sebenarnya kegiatan tidak hanya untuk televisi tetapi juga bisa untuk penulis naskah yang lain misalnya youtube, tik tok dan lain-lain. diharap dari pelatihan ini peserta semuanya berkompeten dan sertifikat yang didapat bisa untuk modal mencari atau membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Hadir dikegiatan ini selaku pengajar dari BPSDMP Banjarmasin, Fajar Rizki Rahman, Nasyiwa Humaria, Subandi Agus Setyo Budi Nugroho, Jaka Permadi dan Rachma Ainun Hikmah.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra