Empat Rumah di Desa Pekauman Terbakar

226

MARTAPURA TIMUR – Warga Desa Pekauman RT 2, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar dibuat geger menyusul kobaran api yang berkobar tinggi membakar rumah tetangganya, Senin (23/1/2023) sore.

Api yang berkobar disaat gerimis hujan sekitar pukul 16.15 Wita tersebut bisa di kuasai oleh puluhan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang berdatangan ke lokasi kejadian sekitar 15 menit kemudian.

Saksi mata Imay, pedagang buah yang sedang beraktivitas persis bersebelahan dengan rumah yang terbakar mengatakan, ia mengetahui adanya api setelah diberitahu oleh tetangganya.

“Tetangga di sebelah bakuciak (Red–Berteriak) tolong lakasi (Red–cepat) cil kukus (Red–Asap) Api Singgonolan (Red–Sangat Besar),” tirunya menceritakan.

Imay mengaku turut panik dan lekas-lekas menelpon sang suami agar segera pulang dan mencari bantuan untuk menelpon pemadam.

Sementara itu, Kasi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Banjar, Gusti Yudhi mengatakan, akibat musibah ini 4 buah rumah milik warga terbakar, 1 rusak berat, 2 rusak sedang dan 1 rusak ringan.

Untuk penyebab lanjut Yudhi saat ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian Resort Kabupaten Banjar, selain itu terkait proses pemadaman ia mengaku tidak ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah meski angin bertiup kencang api masih dapat dikendalikan dan akhirnya dijinakan, memang lantaran angin kencang sisi rumah dan bagian belakang terkena imbasnya,” ujarnya.

Dirinya menegaskan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut lantaran penghuni rumah atau korban sudah dievakuasi terlebih dahulu.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra