Fraksi DPRD Sampaikan Pemandangan Umum Raperda APBD TA 2024

141

MARTAPURA,- Wakil Ketua III DPRD Banjar H Akhmad Zacky Hafizie pimpin rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Raperda Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2024, di Ruang Paripurna lantai II, Martapura, Rabu (6/9/2023) siang.

 

 

Salah satu fraksi yaitu Fraksi Partai Gerindra menyampaikan pemandangan umumnya yang dibacakan Syarkawi bahwa penyusunan APBD tahun 2024 harus sejalan dengan upaya pemerintah daerah dengan mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkualitas.

“Segala perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi APBD oleh pemerintah daerah mengacu pada peningkatan kesejahteraan rakyat Kabupaten Banjar,” harap Syarkawi.

Ia mengungkapkan, setelah mempelajari nota keuangan secara ringkas, Fraksi Gerindra menyimpulkan pendapatan daerah tahun 2024 dianggarkan sebesar 1,75 triliun. Sementara belanja daerah tahun 2024 dianggarkan sebesar 1,90 triliun mengalami defisit anggaran.

 

 

“Fraksi Partai Gerindra memberikan saran antara lain adanya selisih defisit antara pendapatan dan belanja daerah, dan berharap pengelolaan kekayaan daerah dan menjaga Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan konsisten serta dapat ditingkatkan penerimaannya,” ungkap Syarkawi.

 

Selain itu juga mendorong upaya pemerintah daerah dalam pertumbuhan ekonomi berbasis keluarga, lingkungan, masyarakat, komunitas dan memberi ruang tumbuhnya inovasi dari berbagai sektor yang produktif.

 

Begitu juga Fraksi-Fraksi lainnya menyampaikan pemandangan umumnya yaitu dari Fraksi PPP, Golkar, Nasdem, Demokrat, Kebangkitan Demokrasi Indonesia dan Amanat Sejahtera Rakyat.

Semua Fraksi menyetujui Raperda tentang APBD TA 2024 untuk dibahas ketahap selanjutnya sesuai dengan prosedur dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

 

Turut hadir Sekda Banjar HM Hilman, unsur Forkopimda, para asisten dan staf ahli serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar.

 

 

Reporter : Faidillah Rajani

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra