Jelang Ibadah Kurban, MUI Sertifikati Juleha dan UPTD

92

MARTAPURA,- Dalam rangka menghadapi Hari Raya Iduladha 1444 H bertepatan 29 Juni 2023, Majelis Ulama Indonesia dan LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar telah melaksanakan Sosialisasi Juru Sembelih Halal (Juleha) 13 Juni lalu, dan Sertifikasi Halal kepada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) dan Rumah Potong Unggas (RPU) Kabupaten Banjar.

 

Sertifikat halal tersebut diserahkan kepada UPTD RPH milik Pemkab Banjar dan penyerahan sertifikat juru sembelih halal, usai apel kerja gabungan, di halaman Kantor Bupati Banjar, Senin (26/6/2023) pagi.

 

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, hari ini melepas tim dari Dinas Pertanian terkait pelaksanaan kurban yang dilaksanakan masyarakat.

“Tim ini memfasilitasi pelaksanaan ibadah kurban yang dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten dengan harapan tata cara penyembelihan hewan kurban itu bisa sehat, sesuai dengan syar’i dan hewan kurban yang disembelih layak untuk dikonsumsi,” ucap Hilman.

Tujuan sertifikasi halal untuk UPTD RPH dan RPU adalah salahsatu program Pemerintah lewat Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian RI untuk 1 Juta sertifikasi halal gratis (Sehati) kepada pelaku usaha dimana target pemerintah Tahun 2024 sudah terpenuhi program tersebut.

 

Sementara pelaku juru sembelih halal bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada panitia kurban yang ada di Kabupaten Banjar tentang penyembelihan hewan kurban yang syar’i, memenuhi kaidah islam dan juga tetap mempertahankan kesejahteraan hewan.

Penyerahan sertifikat halal kepada UPTD RPH Kabupaten Banjar kepada H Muhammad Taufik, Penyerahan sertifikat juru sembelih halal kepada salahsatu pengurus Mesjid Syarifah Salihah dan Langgar Al Istiqlal Antasan Senor kepada Ustadz H Dhani dan Ahmad Hilmi serta pelepasan petugas pemeriksa hewan kurban dengan perwakilan Muhammad Hizral Mahfuz sebagai petugas dari Dinas Pertanian yang akan memeriksa dan mengawal keamanan daging kurban di Kabupaten Banjar ditandai dengan pemasangan Id Card oleh Sekda Banjar HM Hilman.

 

 

Reporter : Rif’ah

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra