Karhutla Diperbatasan Desa Melayu dan Pematang Baru, 22 Hektare Lahan Terbakar

38

MARTAPURA TIMUR,- Sejumlah warga ikut berjibaku bersama tim gabungan dalam penanganan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Melayu berbatasan dengan Desa Pematang Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Selasa (10/10/2023) siang.

Tim gabungan terdiri dari BPBD, EBR, PMI, TNI dan sejumlah BPK lakukan penanganan memadamkan kobaran api yang membakar semak belukar dan jerami.

Kobaran api yang ditangani oleh tim gabungan dimulai pada pukul 12.30 Wita tersebut begitu cepat menyebar luas, lantaran jerami benar-benar mengering. Penanganan bukan saja oleh tim darat akan tetapi juga melibatkan satgas udara Heli Water Boombing.

” Satgas udara juga dilibatkan dalam penanganan, alhamdulillah api bisa dipadamkan sekitar pukul 16.30 tadi,” ucap Warsita Kepala Pelaksana BPBD Banjar.

Warsita menyebut penanganan karhutla selama 4 jam tersebut membakar luasan lahan sekitar 22 hektare.

Selain di Martapura Timur karhutla juga terjadi di Kecamatan Martapura Barat, tepatnya di Desa Sungai Batang. Api yang membakar semak belukar dan pepohonan tersebut berkobar sore hari. Penanganan oleh tim gabungan terkendala dengan jauhnya jarak titik api, sehingga 5 rol selang yang digunakan tim tak mencukupi. Sementara luasan lahan yang berhasil dipadamkan 0,5 hektare.

Reporter : Paris
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra