Kurangi Pencemaran, Pengelola KPP dan Bumdes Ikuti Sosialisasi

154

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kelompok Pemanfaat dan Pemeliharaan (KPP) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Hotel Roditha Banjarbaru, Senin (12/12/2022) pagi.

Sosialisasi dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah.

Ikhwansyah menyampaikan, sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Banjar untuk penurunan angka stunting, yakni mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

” Kesehatan merupakan salah satu komponen penting kehidupan, selain menjadi kewajiban individu juga untuk menciptakan masyarakat dan lingkungan sehat,” ujarnya.

Dikatakan, untuk menjadikan individu masyarakat dan lingkungan sehat salah satu diantaranya adalah ketersediaannya sarana air limbah, toilet individu atau komunal.

Ia menambahkan, sejauh ini Pemkab Banjar telah berhasil membangun sarana prasarana sanitasi sebanyak 5.268 unit. Dimana akan ditindak lanjuti dengan penyedotan limbah tangki septik secara berkala sesuai petunjuk teknis (Tangki Septik Pabrikasi) agar terpelihara dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Sementara Kasi Penyehatan Lingkungan Permukiman DPUPRP Andri Yunan Pratama mengatakan, maksud dari sosialisasi yang dilaksanakan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah domestik (tinja) yang merupakan sumber berbagai penyakit menular seperti diare, disentri, tipus dan sebagainya.

Selain itu juga untuk memberikan pemahaman kepada KPP dan Bumdes terkait prinsip Instalansi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT).

” Salah satu tujuan sosialisasi agar tinja mempunyai nilai ekonomis, dimana hasil dari pengolahan lumpur dapat dijadikan pupuk dan kompos,” tutupnya.

Sosialisasi menghadirkan, narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel Dody Darsono, BLUD Intan Hijau dan DPUPRP Banjar Hamidhan Nooryansyah.

Turut hadir para camat, pambakal, KKP, Bumdes, LSM serta sejumlah undangan.

Reporter : Rifki Zidane
Editor : Ronny Lattar