Perkuat Pendidikan Vokasional dan Multimedia, PT BBP dan PT MAS MoU dengan SMKN 1 Simpang Empat

234

Simpang Empat,- Guna Pemenuhan Program Kewirausahaan, PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS) laksanakan Mou  dengan SMKN 1 Simpang Empat untuk Perkuat Pendidikan Vokasional dan Multimedia, di SMKN 1 Simpang Empat, Selasa, (14/3/2023).

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) merupakan bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah dimana menyiapkan peserta didik untuk mengasah keahlian tertentu sesuai dengan bakat dan kurikulum sekolah,

Sebagai salah satu sekolah yang concern dalam kemajuan pendidikan, SMKN 1 Simpang Empat memiliki komitmen yang kuat dalam mendorong siswanya untuk peningkatan skill melalui program Based Learning Project (BLP) atau dikenal dengan istilah pendidikan vokasional.

Menurut Kepala SMKN 1 Simpang Empat Suwandi Hidayat, pengembangan pendidikan SMKN sangat penting diarahkan dalam mengakomodir perkembangan pendidikan, mulai dari learning contextualized maupun learning based project.

“Kami sangat berterimakasih dan mensupport penuh program kewirausahaan dimana kami dapat berkolaborasi dengan dunia usaha, khususnya PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS). Tentunya ini menjadi awal yang baik kami bisa MoU bersama khususnya untuk pengembangan multimedia, otomotif, dan tata boga dengan PT BBP dan pengembangan di bidang kewirausahaan khususnya nursery atau pembibitan dan prakerin bersama PT MAS,” ucapnya.

Suwandi berharap siswa siswi dapat berkembang secara pengetahuan, siap secara skill dan kompetitif menghadapi dunia kerja.

Terpisah, General Manager PT MAS Riptianto Eko Laksono menyebut, pihaknya sangat mendukung dunia pendidikan sebagai kunci untuk memajukan SDM khususnya di Simpang Empat yang secara lokasi sangat strategis dan berdekatan dengan area pertambangan.

“Saat ini dunia pendidikan sangat concern dengan digital learning. Multimedia menjadi salah satu kuncinya, untuk pengembangan dunia digital. Kami juga punya mitra kerja untuk alat berat, jadi ini bisa disinergikan nantinya untuk pengembangan bersama sesuai skill,minat dan bakat siswa,” ungkapnya.

Sementara Public Relations PT BBP dan PT MAS Nor Qomariyah, menilai MoU ini sebagai penanda pengembangan program pendidikan yang menjadi aspek kedua dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). SMKN 1 Simpang Empat, merupakan salah satu sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka.

“PT BBP dan PT MAS berkomitmen dalam pengembangan program enterpreneurship skills, khususnya siswa-siswi SMKN 1 Simpang Empat. Upaya ini pada dasarnya telah dilakukan sejak akhir 2022, diawali dengan pengenalan industri pertambangan kepada gen-z, dalam program PT BBP-MAS goes to school,” imbuhnya.

Dihadiri Kepala Teknik Tambang (KTT) PT BBP Imran Rosyadi, penandatanganan MoU kali ini, menjadi jembatan penting mengembangkan literasi skill terhadap melek informasi, kecakapan hidup, fleksibilitas, kepemimpinan, inisiatif dan produktivitas serta membangun social skill, khususnya dengan SMKN 1 Simpang Empat sesuai dengan tagline ’SMK Bisa’ dan tagline PT BBP-PT MAS ’minecarelife’ dan ’mineforlife’.

 

Reporter : Zidan

Editor : Hendra

Uploader : Suhendra