PT BBP dan PT MAS Raih Penghargaan Atas TSP Pembangunan Prioritas Daerah

102

KERTAKHANYAR,- Dinilai memberikan pengaruh signifikan terhadap pembangunan daerah turut serta berkolaborasi dan bersinergi, Pemerintah Kabupaten Banjar memberikan penghargaan kepada PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS).

Penghargaan tersebut diberikan atas Sinergi Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) dengan Pembangunan Prioritas Daerah, di Hotel Treepark kecamatan Kertak Hanyar, Jumat (29/9/2023).

Ketua Sekretariat Tim Koordinasi dan Fasilitasi TSP Bappedalitbang Banjar Santi Nurlaela mengatakan sejak awal PT BBP dan PT MAS telah berinisiatif untuk membangun kolaborasi melalui pihaknya dengan melakukan konsultasi publik hasil social mapping hingga program bahkan penganggaran yang melibatkan SKPD se Kabupaten Banjar dan para camat serta kepala desa yang ada di Mataraman, Simpang Empat dan Cintapuri Darussalam.

“Hal inilah yang kemudian menjadi pemantik bagi Bappedalitbang untuk bersinergi dan mendorong forum kolaborasi ini terbentuk,” ujar Santi.

 

CSR Specialist PT BBP dan PT MAS Nor Qomariyah menuturkan apa yang dicapai pihaknya hari ini bukanlah akhir dari bagaimana mendorong CSR lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar, melainkan menjalankan amanah TSP.

“Kami melakukan CSR sesuai dengan social mapping dan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Tujuan kami mensupport masyarakat lebih mandiri dan dan berkelanjutan dalam meningkat ekonomi,” jelas Nor.

 

Menurut Nor fungsi utama CSR bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan yang sebagaiman kunci keberhasilan dalam membangun sebuah kolaborasi bagi ketersinambungan program terutama dalam CSR yang fokus pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

“PT BBP dan PT MAS saat ini telah berhasil dalam inovasi capaian program, terutama dalam bidang pendidikan melalui program beasiswa Achieving Study 427 penerima manfaat, Farmer Field Schools (FFS) sebanyak 109 penerima manfaat, My Garden My Food Safety 50 perempuan rumah tangga penerima manfaat, Inovasi Ekonomi Keuntungan Tiada Henti (INKUBASI) 9 UMKM penerima manfaat, Inovasi Percepatan Penurunan Stunting (INSTAGEMA) 1944 penerima manfaat, Tree Plants, Recovery for Utilized and Sustainable Tackle (TRUST) untuk 205 penerima manfaat di SDN Bawahan Selan 5, Bawahan Selan 6, SMKN 1 Simpang Empat,” papar Nor.

 

Sedangkan untuk Program Kampung Iklim (PROKLIM) Nor menambahkan ada 5 desa (Bawahan Selan, Pasiraman, Simpang Empat, Pematang Danau, dan Simpang Tiga, Water Installation for Society Access (WISA) untuk 100 KK di desa Bawahan Selan (Perbali) dan Surian Hanyar dan inovasi program lainnya dimana secara keseluruhan telah terintegrasi dengan SKPD terkait yang ada di Kabupaten Banjar.

 

Reporter : Zidane

Editor : Andri

Uploader : Hendra