Puluhan WBP Ikuti Pelatihan Konstrusi Bangunan

81

KARANG INTAN,- 20 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, hampir menyelesaikan paket pelatihan bersertifikat konstruksi bangunan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (15/03/2023).

Instruktur pelatihan Kelik mengatakan, WBP dibekali pelbagai materi berhubungan dengan konstruksi bangunan. diantaranya mengenal jenis bahan batu, menghitung keperluan bahan pada permukaan dinding, mengenal peralatan tukang batu, hingga praktik pengecoran jalan gang bentuk kotak-kotak.


Lebih jauh dikatakan, WBP juga dikenalkan dengan teknik bangunan batu dan campuran spesi yang disyaratkan dan praktik langsung mengaduk luluhan, pengecoran dan plesteran.

“Mereka juga diajarkan mencari kedataran permukaan pasang batako dan memasangnya untuk stumping jalan gang,” jelasnya.

Struktural penanggung jawab program Muhammad Ridhoni mengungkapkan, WBP diajarkan dari dasar, yang semula tidak mengetahui dasar kini mereka sudah bisa membuat jalan gang.

“WBP diajarkan dari dasar, yang awalnya mereka tidak bisa mengaduk semen dan campuran-campurannya, kini mereka sudah bisa, bahkan karya mereka berupa jalan gang berbentuk kotak-kotak bisa dinikmati. Jalan setapak menuju lahan peternakan dan perkebunan, berpijak pada jalan cor dengan bentuk kotak-kotak, yang artinya pelatihan kita berhasil dengan karya yang bisa dilihat dan dinikmati,” terang Ridhoni.

Pelatihan konstruksi bangunan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Provinsi Kalsel kini memasuki babak akhir, dan akan segera ditutup dengan menerbitkan sertifikat keahlian yang bisa WBP gunakan saat bebas kelak.

(arb)
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra