Berita

Rapat Kerja Administrasi, Camat Diminta Mengawal Pembinaan Pemerintahan Desa

MARTAPURA,- Kegiatan rapat administrasi pemerintahan desa sekaligus persiapan pelantikan pambakal terpilih tahun 2022 merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah terutama peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar, dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka Rapat Kerja Administrasi Pemerintahan Desa, di Aula BKPSDM Banjar, di Martapura, Selasa (13/12/2022) pagi.

Dikatakan Saidi Mansyur, pelaksanaan demokrasi di desa sudah selesai dilaksanakan, berjalan dengan baik dan lancar.

” Kami mengundang seluruh pambakal yang saat ini menjabat dan pambakal terpilih untuk sama-sama menyimak apa saja kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa,” katanya.

Saidi Mansyur menyampaikan, pengisian buku administrasi pemerintahan desa yang wajib dilaksanakan oleh pambakal adalah laporan penyelenggaraan pemerintahan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa akhir jabatan yang wajib disampaikan kepada bupati melalui camat.

Dijelaskannya, penganggaran pada APBDes ada untuk penyelesaian batas desa pada seluruh desa di Kabupaten Banjar. Pemkab Banjar juga telah mengalokasikan untuk pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi pambakal dan perangkat desanya.

” Bagi pambakal terpilih untuk mematuhi, terkait dengan syarat pada saat mencalonkan diri sebagai pambakal terutama dengan tidak menjanjikan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa,” ujarnya.

Saidi Mansyur juga meminta kepada para camat untuk dapat mengawal terkait kewajiban dalam pembinaan kepada pemerintah desa di wilayahnya.

Ia berharap, dengan rapat ini, pemerintah desa dapat mendukung program pemerintah kabupaten dan sebaliknya pemerintah kabupaten selalu mendukung program-program desa untuk percepatan pembangunan masyarakat desa.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka percepatan pelaksanaan penetapan dan penegasan batas desa pada tahun 2023 yang ditandatangani Bupati Banjar Saidi Mansyur, Kepala Dinas PMD H Syahrialludin, Ketua APDESI, Pambakal Pasayangan Selatan, Bakambat, Lok Tamu dan Pambakal Pemakuan, Camat Pangaron dan Camat Martapura Barat.

Turut disaksikan Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie, para camat dan pambakal se-Kabupaten Banjar.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar

Terbaru

Nenek 80 Tahun Terjebak Banjir, Polisi Evakuasi Kerumah Tetangga

Ronny RSB

Haul Pertama Tuan Guru KH Abdul Muin

Radio Suara Banjar

Bantu Pemerintah Kurangi Timbulan Sampah, Warga Diimbau Terapkan Konsep 3R

Radio Suara Banjar