Webinar Literasi Digital, Mengenal Aturan Main di Era Digital

259

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Siberkreasi mengadakan webinar bertema ‘Mengenal Aturan Main di Era Digital’. Jum’at (12/11/2021) siang, dibuka Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan dan Bupati Tanah Laut Sukamta, dengan menghadirkan pembicara berkompeten.

Dipandu moderator Amal Bastian, menghadirkan narasumber Agus Edi Winarto dengan materi tentang ‘Bebas Namun Terbatas Berekspresi di Media Sosial’.

Agus menjelaskan, adanya konten negatif di media sosial yaitu karena, adanya niat orang untuk tujuan jahat, adanya masalah gangguan psikologi, rendahnya literasi digital. Selain itu rendahnya kesadaran moral dalam beretika, rendahnya kesadaran rasa tanggung jawab, rendahnya kesadaran atas dampak sosial, rendahnya kesadaran dalam memilah, memilih dan rendahnya kesadaran berdemokrasi dan bertoleransi.

“Karena baik buruknya kita dalam melakukan kebebasan berekspresi di dunia digital dapat mencerminkan siapa jati diri kita dan karena apa yang sudah kita tanam itulah yang akan kita tuai,” tuturnya.

Narasumber kedua Sitna Hajar Malawat dengan materi tentang ‘Tren Pekerjaan dan Usaha atau Bisnis di Era Digital’. Sitna mengatakan, di era yang serba digital ini banyak peluang bisnis dan karir yang bisa dilakukan hanya dari rumah.

“Seiring berkembangnya teknologi kini manusia dapat melakukan segala hal menjadi lebih mudah,” tuturnya.

Tren pekerjaan dan bisnis digital kata Sitna, merupakan suatu hal yang dapat dilakukan di mana dan kapan pun berada karena mudah diakses secara digital.
Contohnya seperti blogger, blogger dapat memanfaatkan space kosong dalam webnya untuk memasang iklan untuk mendapatkan uang.

Kemudian, desain grafis dapat dimanfaatkan dalam membuat brosur, desain media sosial sebagai sarana pemasaran terhadap sebuah produk yang dipasarkan.

“Hal ini menguntungkan karena jasa desain grafis jenis semakin dibutuhkan oleh masyarakat,” ucapnya.

Atau menjadi guru online merupakan hal yang menarik yang dapat dilakukan di saat seperti ini. Karena Guru online dapat mendatangkan banyak keuntungan yang menjanjikan.

Adapun, tips memulai usaha atau bisnis di era digital ialah, kenali peluang bisnis digital terbaik, buat rencana bisnis yang sudah diputuskan, mengatur strategi dalam berbisnis, memanfaatkan keahlian yang dimiliki, dan jangan takut untuk gagal.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar