Webinar Literasi Digital, Saatnya Anak-Anak Dibekali Literasi

414

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tema “Masuki Ruang Digital Dengan Literasi Yang Tepat” pelaksanaan untuk wilayah Kabupaten Balangan Kalsel, Rabu ( 10/11/21 ) pagi.

Salah satu narasumber Norlatipah dengan tema  “Masyarakat Digital Yang Berbudaya” menjelaskan, saat ini dari data Kompas.com yang menggunakan dan aktif di sosmed ada sekitar 190 juta jiwa. Artinya sebanyak 61,8% total dari populasi di Indonesia aktif bersosial media, jumlah ini juga sangat meningkat pada tahun 2021. Lebih meningkat lagi data pengguna Mobile phone, yaitu 68,5 juta jiwa, artinya para penduduk Indonesia banyak menggunakan Mobile phone untuk mengakses sosial media.

“Sosial Media yang digunakan saat ini paling banyak adalah Youtube, kemudian WhatsApp, menyusul Instagram, Fecebook, Twitter dan lainnya. Kemudian jika dilihat dari individu pengguna sosmed wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki, dari sini dapat dilihat karakter wanita yang lebih banyak menggunakan perasaan, sehingga dapat dilihat akan ada beberapa hal atau fenomena yang akan terjadi karena sifar perasa wanita, jadi ketika ada yang membuat ketersinggungan di sosmed maka respon wanita lebih responsif sehingga banyak fenomena yang terjadi di media sosial”ucapnya.

“Pengguna Media Sosial juga banyak dari kalangan anak SD dan SMP yang mana kita ketahui bersama pengetahuan tentang budaya pada mereka belum terlalu banyak, belum dikuasai secara utuh, bisa dibayangkan ketika anak- anak menggunakan sosmed akan banyak fenomena tentang budaya yang terjadi,”ungkapnya.

Norlatipah  Menekankan, generasi milineal adalah generasi utama pengguna gedget, artinya banyak pengguna media sosial adalah usia produktif, usia remaja, usia yang bersemangat, usia yang punya jiwa ingin tau dan mencoba, sehingga muncul adanya miss informasi di dunia digital saat di media sosial.

Baca Juga:  Dua Bulan Lagi Pilkades Serentak, Banjar Gelar Rakor

Kemudian juga bisa muncul fenomena ujaran kebencian yang bertebaran dengan maksud tertentu, jadi sedari sekarang perlunya anak mendapatkan budaya dalam dunia digital yang sesuai dengan budaya ketimuran. ketika menggunakan dan masuk ke dunia digital dan mempertahankan budaya Indonesia di dunia digital agar tak tergerus oleh kemajuan jaman dan budaya luar.

Webinar Literasi Digital bersama Kominfo RI dengan Topik : “Masuki Ruang Digital dengan Literasi yang Tepat”menghadirkan

KEYNOTE SPEECH H. Abdul Hadi, Bupati Balangan ,Moderator Ronald Andretti Key Opinion Leader Novi Andrianty – Miss Indonesia Gorontalo 2011

Narasumbe

1. Norlatipah,  Guru SMPN 1 Paringin

2. Dr. Iskandar Tsani, Dosen IAIN

3. Puryanto,  Staff Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kab. Balangan.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar