“Gawi Baimbai” Bantu Cetak KK di Daerah Terdampak Banjir

334

MARTAPURA,- Kartu Keluarga ( KK ) yang hilang atau hancur akibat banjir yang melanda, dipastikan akan dicetak kembali oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Banjar. Kinerja Disdukcapil Banjar sendiri di support oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Selatan yang menamakan dirinya “ Gawi Baimbai “.

Ketua Forum “ Gawi Baimbai “ Rusaidah yang juga menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Tapin mengatakan, Kadisdukcapil se Kalimantan Selatan mempunyai forum tersendiri. Pada bencana banjir kali ini semuanya turun untuk mensuport Kadisdukcapil yang daerahnya mengalami banjir, kecuali Kadisdukcapil yang daerahnya juga kebanjiran.   

“ kita mensuport kawan-kawan yang ada di Kabupaten/Kota yang kebanjiran, kemarin kita di HST dan hari ini di Banjar, kita juga  bawa alat beserta operatornya,” ujar Rusaidah.

Rusaidah menambahkan, Tapin juga kebanjiran, akan tapi cukup sedikit wilayah yang terdampak, sehingga KK yang dicetak hanya 260 lembar. Ia berharap kawan-kawan yang tergabung dalam forum tetap semangat dan selalu diberikan kesehatan untuk saling bantu, karena Senin depan menuju Batola dengan melakukan hal yang sama.

Sementara itu Kadisdukcapil Balangan mengatakan, bahwa daerahnya juga mengalami banjir, namun berbeda halnya dengan banjir di HST yang datang dengan tiba-tiba.

“ kalu di HST air datang tiba-tiba seperti bandang, beda dengan Balangan datangnya pelan-pelan, jadi warga Balangan siap untuk menyelamatkan arsip kependudukan mereka, sejauh ini tidak sampai 100 KK yang kita cetak, kalaupun ada tambahan warga yang melapor langsung kita cetak,” katanya.

Dengan jumlah sedikit yang terdampak banjir di Balangan, pihaknya bisa membantu Dukcapil Kabupaten Banjar dengan mengerahkan operator beserta peralatan cetaknya. Ia juga berharap musibah banjir ini tidak akan terulang lagi.

Sementara itu Kadisdukcapil Banjar Azwar sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh forum Gawi Baimbai.

“ Semua Dukcapil kabupaten/kota bantu kita secara bergotong royong, keculai kabupaten/kota yang terkena musibah. Ada 5 Dukcapil yang absen, yakni, Dukcapil Kabupaten  HST, HSU, Tabalong, Tanah Laut serta Dukcapil Batola. 5 Dukcapil yang tidak hadir, tapi kita memaklumi akan hal itu, karena mereka juga kena musibah banjir ini,” Tutup Azwar

Reporter : Ronny Lattar
Editor : Ronny Lattar