Warga Kompas Layani Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul

153

MARTAPURA,- Memasuki bulan Rajab ada satu peristiwa penting yang mampu menyedot perhatian jutaan warga. Mereka berbondong bondong datang ke Kabupaten Banjar, khususnya di Sekumpul Martapura.

Tidak lain adalah menghadiri pelaksanaan haul ulama kharismatik KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih dikenal dengan sebutan Abah Guru Sekumpul oleh para pecintanya. Jutaan warga muslim dari seluruh pelosok Indonesia bahkan luar  berdatangan demi mengambil berkah dari ulama yang masih merupakan keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjary tersebut.

Ribuan relawan yang berasal dari daerah masing masing di Kalsel bahkan rela menyumbangkan tenaga, waktu dan pikirannya untuk berkontribusi melayani tamu dari dalam maupun luar daerah.

Tak terkecuali warga Komplek Pangeran Antasari (Kompas) yang merupakan tetangga dekat dari Sekumpul. Sejak sebulan lalu telah menyiapkan posko parkir, posko penginapan dan dapur umum, bahkan rumah-rumah warga dijadikan tempat penginapan bagi jemaah.

Ketua RT Kompas Triko Iriansyah mengatakan, ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap jemaah, baik dari dalam maupun luar pulau Kalimantan yang rela bepergian untuk mencari pahala dan keberkahan.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan kami kepada Abah guru, dengan melayani para jemaah menyiapkan posko parkir, penginapan, dapur umum serta relawan penunjuk jalan agar tepat sasaran. Semoga semua pihak yang terlibat mendapat keberkahan dan pahala berlipat dari Allah taala,” harapnya.

Lani, warga Kompas yang non muslim, setiap tahunnya juga ikut berkontribusi melayani jemaah agar tercukupi kebutuhannya dengan menyiapkan air minum dan makanan. Ini dilakukannya sebagai rasa kepedulian.

“Tergerak hati saya melihat warga lainnya yang muslim dengan sukarela dan senang hati melayani jemaah haul. Panas dan dingin tidak mereka hiraukan demi kelancaran dan ketertiban jemaah. Sejak haul pertama dan sekarang bisa ikut berkontribusi supaya jemaah semua tidak susah dan capek dalam perjalanan,” tutupnya.

 

 

Reporter : Fuad Rivan

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra